Hari Ke-1, Tantangan 10 Hari Game Level 6 : Ayo cari temannya dan masuk ke rumah 👶

Bismillah...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Apa yang ada dibenak mak-emak semua tentang kata "Crayon"?

Alat warna. Berwarna-warni. Bentuknya seperti pensil tapi lunak. Aroma khas crayon. Ada pembungkus kertas.

Yap, benar semua.

Tapi bagi Aiko, benda ini akan berubah jadi ikan yang di buang sisiknya dengan merobek kertas pembungkusnya. Dipotong jadi 2 atau 3 bagian layaknya ikan lele. Kemudian diaduk-aduk seperti nasi goreng di keranjang. Warnanya ? Jangan ditanya... Jadi bulukan (kehitam-hitaman karena bercampur baur semua warna). 😁

Ya gitu deh, mak. Pasti tau kan lucunya gimana. 😆

Nah... Pagi ini nak bayi sibuk main masak-masakan, habis itu ditinggal aja, ganti main sepeda. Daripada si Crayon ini berserak, ummi punya ide untuk mengembalikan ke tempat asalnya.  Memasukkan kembali ke kotak.

Dengan permainan "ayo cari temen, masukin ke rumahnya" 😇. Cara asyik nyuruh nak bayi beberes tanpa tau kalau disuruh. Hihihi...



Warna-warnanya (baca:crayon, sebutan kesukaan Aiko) masukin rumahnya, nak.

Ummi aja..

Aiko lah, Aiko yang keluarin kan. Ummi bantu satu ini. Sekarang Aiko...

Ini... Sini?

Ya taruh situ dulu. Nanti cari temennya.

Ini?

Mana hayo temennya?
(Mencari teman yang warnanya sama)

Ini....

Itu warna apa Aico? 

Biru..

Mana biru..cari temennya..

Ini...

Dan seterusnya... Sampai akhirnya semua kotak terisi penuh. Walau tadi ada beberapa crayon yang salah masuk rumahnya. Karena warnanya mirip. Seperti warna hijau, ada hijau tua, hijau daun, hijau tosa dan hijau kebiruan.



Alhamdulillah, Aiko sudah berhasil melewati tantangan game level 6 ini dengan baik. Mestimulus matematika logis sesuai dengan kelompok usianya yaitu antara 2-3 tahun.

🌸 Fokus stimulus matematika logis hari ini adalah mengklasifikasikan objek berdasarkan warna.

Matematika logis itu sendiri menurut Gardner adalah kemampuan penalaran ilmiah, perhitungan secara matematis, berpikir logis, penalaran induktif/deduktif, dan ketajaman pola abstrak serta hubungan satu sama lain.

Di kelompok usia Aiko, antara 2-4 tahun, anak mulai mengklasifikasikan obyek berdasarkan warna, bentuk dan fungsi. Dan ketika mulai berbicara, konsep besar kecil akan beralih menjadi lebih besar atau lebih kecil dengan memperbandingan berbagai benda.

Serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Lampiran 1, membahas tentang tingkat pencapaian perkembangan anak.

Kriteria pencapaian perkembangan anak dalam lingkup berpikir logis untuk anak usia 2-3 tahun, yaitu :
1. Menyebut bagian-bagian suatu gambar, seperti gambar wajah orang, mobil, dsb.
2. Mengenal berbagai bagian tubuh (lima bagian)
3. Memahami konsep ukuran (besar, kecil, panjang, pendek)
4. Mengenal tiga macam bentuk. Lingkaran, segitiga, persegi.
5. Mulai mengenal pola
6. Memahami simbol angka dan maksudnya.

Yap.. Sudah dapat panduan tolok ukurnya. Besok tinggal di eksekusi ke Aiko 😘.

Semangat bermain sambil belajar ya, nak comel 👶 💪.

Salam sehangat pelukan ummi,

#harike-1
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic

Comments